Khasiat Kapulaga Bagi Kesehatan

Selama ini buah kapulaga lebih akrab dikenal sebagai rempah bumbu penyedap masakan. Kapulaga biasa digunakan sebagai bumbu untuk masakan di berbagai negara Asia, khususnya di India. Namun, ternyata ada cukup banyak khasiat buah kapulaga bagi kesehatan tubuh Anda.

Biji buah kapulaga yang belum terlalu masak bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Bagian lain yang biasa dimanfaatkan sebagai obat yakni bagian akar, buah, serta batang kapulaga. Buah kapulaga punya kandungan protein, sineol, borneol, silikat, terpineol, sebinena, mirtenal, betakamer, mirkena, karvona, dan kersik.

Aneka Ragam Khasiat Buah Kapulaga


Baik untuk Pencernaan. Kapulaga bisa membantu mengatasi banyak keluhan berkaitan dengan pencernaan. Kandungan minyak atsiri dalam kapulaga mampu meringankan sakit perut, susah buang air besar, disentri, dan gangguan pencernaan lainnya.

Baik untuk Jantung. Kapulaga sanggup melancarkan peredaran darah dan menstabilkan tekanan darah sehingga baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Bila tekanan darah normal, maka kinerja jantung pun jadi tidak berat dan bisa lebih optimal.

Baik untuk Ginjal. Beberapa penelitian yang dilakukan membuktikan khasiat buah kapulaga sebagai diuretik yang mampu melancarkan pengeluaran urin. Khasiatnya ini ikut membantu melindungi ginjal dari beragam penyakit. Kemampuan diuretik ginjal juga bermanfaat untuk mencegah penyakit nefritis, sistitis, serta penyakit lain yang berhubungan dengan saluran urin.

Punya Kemampuan Analgesik. Buah kapulaga dapat meredakan rasa sakit dan nyeri otot. Sifat analgesiknya ini juga membuat kapulaga sebagai anti radang alami yang bisa digunakan untuk mengobati gusi bengkak.

Menguatkan Sistem Imun. Kapulaga mampu memperkuat kekebalan tubuh terhadap serangan bakteri dan patogen lain yang membawa penyakit ke dalam tubuh.

Mengobati Batuk. Karena punya kandungan minyak atsiri, terpinol, sineol, dan berbagai kandungan lainnya, kapulaga dipercayai efektif untuk menyembuhkan batuk.

Sebagai Afrosidiak. Khasiat kapulaga dalam meningkatkan gairah seksual sudah lama diketahui. Ini juga menjadikan kapulaga sebagai rempah yang bisa membantu mencegah impotensi dan disfungsi seksual lainnya.

Meringankan Nyeri Rematik. Seluruh bagian tanaman kapulaga, yaitu daun, buah, dan batangnya, dapat direbus sampai mendidih kemudian disaring. Saringan air rebusan kapulaga tersebut dapat diminum untuk mengurangi nyeri akibat rematik.

Sebagai Antioksidan Alami. Minyak kapulaga yang berasal dari biji kapulaga memiliki antioksidan yang limpah. Minyak kapulaga bisa mencerahkan warna kulit serta meremajakan sel-sel kulit. Minyak ini juga biasa digunakan sebagai bahan pelembap bibir untuk mengatasi bibir kering.

Leave a Reply

Required fields are marked*